Sunday, February 15, 2015

Dasar TCP/IP

Internet Protocol


         
            Internet Protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.

Tugas Internet Protocol :
• Melakukandeteksi koneksifisik.
• Melakukanmetode “jabat-tangan” (handshaking).
• Negosiasi berbagai macamkarakteristikhubungan.
• Mengawali dan mengakhiri suatu pesan/session.
• Bagaimana formatpesan yang digunakan.
• Apa yang dilakukan apabila terjadi error pengiriman?.
• Mengkalkulasi dan menentukanjalur pengiriman.
• Mengakhiri suatu koneksi.

Connection oriented communication (TCP/IP)
komunikasi connection-oriented adalah mode komunikasi data di mana Anda harus terlebih dahulu membuat sambungan dengan host atau server jauh sebelum data dapat dikirim. Hal ini mirip dengan jaringan telepon analog di mana Anda harus membuat sambungan sebelum Anda dapat berkomunikasi dengan penerima. Koneksi pendirian termasuk operasi seperti nomor dial, menerima nada panggil, tunggu panggilan sinyal dll

TCP session establishment and termination

Proses bila perangkat transmisi menetapkan sesi berorientasi koneksi peer jarak jauh disebut three-way handshake. Akibatnya end-to-end virtual (logis) sirkuit dibuat di mana kontrol aliran dan pengakuan untuk pengiriman handal digunakan. TCP memiliki beberapa jenis pesan yang digunakan dalam pembentukan koneksi dan proses terminasi
lihat gambar

Proses pembentukan koneksi :
1.Host A yang perlu menginisialisasi sambungan mengirimkan SYN (Synchronize) paket dengan usulan nomor urut awal untuk host tujuan B.
2. Ketika host B menerima pesan SYN, ia mengembalikan paket dengan kedua SYN dan ACK fags diatur dalam header TCP ( SYN-ACK )
3. Ketika host A menerima SYN-ACK, ia akan mengirimkan kembali ACK (Acknowledgement) macket.
4. Host B mendapat ACK dari host A dan menutup koneksi.

           Layanan Connected-oriented sering mengirimkan acknowledgment (ACK) setelah melahirkan sukses. Setelah paket data ditransmisikan, pengirim menunggu pengakuan dari penerima. Jika waktu berakhir dan pengirim tidak menerima ACK, paket dipancarkan.

Pemutusan Sambungan"
          Ketika transmisi data selesai dan host ingin mengakhiri sambungan, proses penghentian dimulai. Tidak seperti TCP Connection, yang pendiriannya menggunakan Three-Way Handshake, Pemutusan Koneksi Menggunakan four-way massages. Koneksi di Hentikan bila kedua belah pihak telah selesai. prosedur ditutuo dengan mengirimkan FIN dan menerima ACK.


untuk info yang lebih detail gan monggo:
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Connection_oriented_communication_%28TCP/IP%29

whatch the video, how tcp/ip work:


matursuwun atas kunjungannya, semoga bermanpaat buat kita semua. 
see you next posting

No comments:

Post a Comment