Tuesday, February 17, 2015

Mac Address


        
       
 

          MAC Address (Media Access Control Address) adalah alamat jaringan pada lapisan data-link (layer 2) dalam OSI 7 LayerModel.

  • Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network   interface card/NIC).
  •  MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit.
  •  MAC terdiri atas 12 digit bilangan heksadesimal (0 s/d F), 6 digit pertama     merepresentasikan  vendor pembuat kartu jaringan.





        MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet addressphysical address, atau hardware addressMAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination).

        Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan.Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) mengalokasikan blok-blok dalam MAC address. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut.

• Contoh MAC Address : 02-00-4C-4F-05-50, D4-CA-6A-FC-02-1B
Nama vendorAlamat MAC
Cisco Systems00 00 0C
Cabletron Systems00 00 1D
International Business Machine Corporation00 04 AC
3Com Corporation00 20 AF
GVC Corporation00 C0 A8
Apple Computer08 00 07
Hewlett-Packard Company08 00 09
Cara Lihat Mac Address Di Mikrotik :


                 giman gan, pembahasan kali kira-kira apa yang kurang pasti banayak sekali yang kurang mohon bantuannya gan. untuk Hari ini sekian dolo gan, semoga bermanfaat bagi kita semua,,,
terimakasih,,, selamat Malam

No comments:

Post a Comment